Selasa, 10 Mei 2016

{{KJ UN MASUK SINI))

Hellow gaes kenalin, anak baru kelar UN nih. inspirasi hari ini di dapet dari sebongkah status yang gua temuin tadi siang, konon status ini gua tulis 7 tahun yang lalu dalam kondisi alay. Bisa cek gambar dibawah:


Alhamdulillah gak kerasa sekarang gua udah pantes buat bilang:

 "BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, SAYA SIAP MASUK KULIAH"

Emang berbau skandal dan ngakak sih. Ngomongin UN itu gak bakal ada abisnya, bakal selalu muncul anak yang tiba tiba jadi sepandai Aa' Gym kalo menasehati, atau seluas Bachtiar Natsir kalo berilmu agama dan senyaring imam imam teraweh kalo lagi ngaji. Mesjid juga tiba tiba rame sama jamaah ingin UN. Tromol mesjid juga mendadak banyak keisi sama jamaah yang tiap infaq selalu nutupin tangannya biar ga dikata riya. Nyokap Bokap juga rasanya senyum mulu ngeliat anaknya tiba tiba jadi gercep banget ngebantuin kerjaan rumah berkat slogan "Restu orang tua restunya allah".

Yaiya, itu semua gak salah sih. Yang salah banget itu kalo kalian udah mencoba perilaku diatas terus ujung ujungnya make KJ juga. Wadaw

Buat yang gatau KJ itu apa, KJ itu akronim dari istilah Kunci Jawaban. Jadi gua bisa tegasin kalo yang namanya KJ itu jelas salah. disini gua bakal ngasih alesan + FAQ kenapa make KJ itu salah dan percuma banget, semoga yang setuju semakin dikuatkan, dan yang tidak setuju semakin ditunjukan kebenaran.

1. "GUA TAKUT KALO NANTI NILAI UN GUA JELEK DAN NGECEWAIN ORANG TUA GUA"

Mungkin ini alesan yang paling sering di denger ya dari para penggemar KJ. Gini gini, secara teori kan udah sering dipublikasiin sama pemerintah kalo nilai UN itu yang nentuin kelulusannya sekolah. Jadi, sejelek apapun nilai yang elu dapet pasti bakal 'disulap' sama guru guru disekolah. Minimal, walaupun nilai lu jelek bakal dipaksain banget lulusnya sama sekolah. Intinya? ya elu bakal lulus lulus juga, jadi gausah khawatir kalo ga lulus.
Point ngecewain orang tua itu menurut gua basi banget yak. Entah ortu gua aja atau gimana, Alhamdulillah gua punya ortu yang idealis jadi mau nilai gua bagus/jelek ya doi biasa biasa aja seenggaknya dia percaya gua bisa tanggung jawabin itu semua. Kalo menurut gua, dibanding ngeliat hasil UN lu yang jelek justru ortu lu lebih sedih ngeliat elu ngerjain UN tapi make kunci jawaban.
Berarti apa yang harus kita lakuin? YA BELAJAR. Gausah ngoceh kurikulum 2013 berangkat pagi pulang sore tapi path nya masih sering update tempat tongkrongan. Gausah banyak kecot ngaku kehidupannya statis kaya robot tapi dikit dikit refreshing. Kalo emang udah mau UN atau kelas 3, ya kurang kurangin maennya, dikit dikitin ego "taun terakhir nih buat sensasi ah". Kurang kurangin deh ye.

2. "NILAI GUA HARUS BAGUS BIAR GUA TEMBUS SNMPTN DAN DAPET PTN YANG GUA PENGEN"

Kalo denger ada orang yang ngomong gini, rasanya pengen banget langsung ceramah. Serius dah. Lu belajar PAI atau pelajaran agama dari SD, terus SMP sampe SMA total 12 tahun, tapi masih gak paham paham tugas nya malaikat roqib atid ngapain, atau munkar naqir nanti nyiapin kejutan apa di alam kubur kita. Terus kita juga gatau nanti malik bakal buka pintu neraka lebar lebar ga buat kita karena make KJ. Heleh
Visi "Gua harus dapetin apa yang gua mau apapun caranya" kayaknya harus di ilangin banget dah yak dari sekarang. Ayo, bangun idealisme nya dong. Katakan kalo salah ya salah. jangan suka ikut ikut orang. Percaya deh, ngedapetin sesuatu tapi dengan cara yang dzolim itu bakal berat banget buat kita nanti: di dunia, alam kubur sama di akherat. Katanya sering ngeliat orang yang korupsi, katanya benci banget liat orang pelesir make uang rakyat, tapi secara sadar kita juga ngelakuin kaya begitu. 
Terus gimana kalo ternyata gua udah jujur banget nih, tapi gara gara itu gua gak lolos SNMPTN, ya karena di paragraf ini lagi pendekatan agama, ya silahkan hayatin aja ayat al-quran ini.

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئاً وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئاً وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ (البقرة: 216)


"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Al-Baqarah: 216)

3. "LAH GUA MAH CUMA IKUT IKUT AJA LAGIAN JUGA CUMA DIKIT GUA MAKENYA"


Ibarat makan daging anjing, mau lu makan sedikit sama banyak juga jatohnya ya najis. Sama aja kayak kasus gini. Mau lu make cuma sedikit atau banyak KJ nya yaa tetep aja lu salah dan gaada pembelaan disini.






Dengan semua alasan diatas, masih yakin mau make KJ?

0 komentar:

Posting Komentar