Selasa, 03 April 2018

Maaf, Aku Sibuk

Sebagai orang yang percaya dengan adanya kehidupan setelah kematian, gua selalu berpikir,


Yang gua lakuin semua ini, berbuah pahala gak yah? apa bakal sia sia semua? apa jatohnya jadi riya? atau niatnya cuma karena dunia? apa cuma dapet capek doang ngerjain ini itu?
Sebagai orang yang memiliki hobi mengerjakan banyak aktifitas kadang pertanyaan-pertanyaan ini selalu mengganggu gua. Sama mengganggunya dengan pertanyaan "lebih cepet mana yang mendatangi, kematian atau pernikahan?" nah kan, bingung. 

Perang batin ini jadi sering banget frekuensinya sampe bikin gua meragukan tentang apa yang selama ini gua kerjakan. Mungkin bisa dibilang wajar kali yah, usia gua udah 20 tahun dan perlahan udah masuk fase orang dewasa. Bentar lagi lulus. Kerja. Nikah. Punya anak. Meninggal deh. Singkat rasanya, makanya pertanyaan liar ini sering banget ada dipikirin. Akibatnya, gua malah ga bersemangat mengerjakan apa yang menjadi aktifitas gua karena keraguan mencari jawaban itu semua. Berat yah? yo baca pelan-pelan, gatau kenapa kali ini mau bahasnya yang berat-berat nih.

Tau gak, bulan kemaren gua ngabisin uang sekitar 3 juta. Oiya kalo lu semua mau tau, di lingkungan keluarga, gua termasuk orang yang pandai banget ngesave uang dan paling rajin nabung. Sampe-sampe orang dirumah pada risih kalo gua punya tabungan banyak dan gembor-gemborin buat "Dipake uangnya jangan disimpen atau minta melulu" yaah gimana yaaaaa. Gua tipe orang yang rela mengurangi jatah makan untuk beli sesuatu yang gua pengenin. Gua tipe orang yang selalu menyamakan neraca keuangan gua, kalo debitnya terlalu banyak maka gua berusaha mencari kredit buat nutupin uang yang keluar. Nah dalam rangka itu semua, karena bulan Maret kemarin abis sekitar 3 juta gua menutupinya dengan cara kerja. Ya, kerja. Ada 2 pekerjaan yang gua lakuin buat nutupin neraca keuangan itu: Jadi delivery food di Jatinangor dengan nama brand Uwa Jafry dan dagang 'danusan' makanan yang udah gua kelola sama temen dari semester lalu dengan label "Cemil Food".

Sebenernya gua bukan termasuk orang yang boros sih, kebetulan Maret pengeluarannya lagi banyak aja. Terus selama hampir 2 tahun hidup ngekost, alhamdulillah ga pernah tuh gua kelaperan karena ga megang uang sama sekali atau shampoo abis gitu gitu, ya pokoknya takdir Allah dan doa orang tua lah yang bikin gua hidup nyaman padahal ditransfernya juga pas pasan. Tapi karena motivasi gua untuk menutupi debit itu, gua sampe kerja. Segitunya. Tadinya gua mau daftar Grab sekalian, cuma karena persyaratannya ribet gua daftar ojek online mahasiswa aja yang khusus nganter makanan. Lumayan, dapet 5000 per trip dan sehari kalo lagi semangat gua biasanya bisa dapet 40 ribuan. Terus soal dagang, gua harus relain tiap jam 6 pagi sehabis pembinaan di asrama harus udah dalam keadaan mandi dan siap kuliah, harus menuju produsen makanan ringan yang ada di Cileunyi. Yaaa 6km lah dari kosan gua buat ngambil danusannya. Lumayan, perhari fluktuatif kadang bisa 11 atau paling banyak bisa 30. Iya, 30 box dibawa pake motor seorang diri dan menempuh jarak 6km tiap pagi nya dan langsung ngambil kelas kuliah setelah naruh dagangannya ke konsumen. Itu semua gua lakuin dengan semangat dan bahagia buat nyari penghasilan tambahan. Gengsi sih, gua termasuk orang yang gengsian dalam segala hal. Cuma karena ada motivasi yang kuat, ya kalah gengsinya dengan motivasi yang gua punya. Begitulah kesibukan gua dalam dunia bisnis selain sibuk dalam dunia perkuliahan.

Kalo dalam dunia perkuliahan, kesibukan gua ternyata lebih didominasi urusan organisasi dibanding akademiknya sendiri. Megang 3 jabatan di kampus itu bukan hal yang mudah. Gua akuin, ini salah hitung-hitungan di awal. Niatnya gua emang nyari panggung buat memperluas elektabilitas di Fakultas atau di Universitas buat pencalonan tahun depan. Tapi karena gua terlalu terbuka, akhirnya nerima amanahnya juga banyak banget nih. Baru kemarin gua berhasil ngejalanin 4 agenda organisasi dalam waktu 8 jam setelah kelar kuliah. Jadi kemaren selesai kuliah gua harus mimpin rapat PSDM Gamasis karena minggu ini ada 2 proker yang harus berjalan. Lanjut, sore nya gua bimbingan hafalan quran di Masjid MRU. Yoiya dong, sebagaimanapun kesibukan gua, gua harus tetap menjaga semangat buat jadi hafidz. Wajib itu. Lalu setelah nyetor kurang lebih setengah juz, gua langsung balik lagi buat raker Pleads dimana gua harus presentasi proker-proker yang gua punya disana. Setelahnya yaitu bada maghrib, gua pun menutup malam dengan rapat persiapan acara Montesquieu dimana gua dapet amanah sebagai kepala sekolahnya. Kepala sekolah Montesquieu, sekolah legislatif beken untuk tataran mahasiswa Unpad. Alhamdulillah, gua bisa laluin itu semua dengan baik tanpa ada yang terlewati. Kebayang lah ya, gimana harus membagi konsentrasi dan fokus untuk jadi pemeran di berbagai tempat dan nuansa yang berbeda. Apalagi disana gua sebagai tokoh pula, bukan cuma duduk dengerin doang. Ada peran yang harus gua tuntaskan disana karena gua sebagai pimpinan departemen dan ketua acara. Selesai itu semua? gua masih ngerjain tugas Hukum internasional yang udah deadline, terpaksa gua harus nyetok kopi nih. Suatu hal yang sebenrnya bukan hobi, karena keterpaksaan aja akhirnya gua ngopi. Selesai sai sai sai.


Selanjutnya, setelah terbiasa melakukan itu semua dan merasa capek ngejalanin semua agenda. Dateng lagi tuh pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghantui. 

Gua mengerjakan ini semua untuk siapa? Karena Allah. BOHONG! itu buktinya kerja capek capek uangnya juga ga tau dibuat apa 3 juta hilang gitu aja. BOHONG! alasan aja buat memperluas lahan amal. Itu katanya cuma buat batu loncatan aja untuk nyari kekuasaan taun depan. Buat nebar muka doang sana-sini.



Niat gua udah bener belom yah karena Allah? 

Gua ngerjain ini itu dapet pahala ga yah? apa dapet capeknya aja?


Kenapa yah masih suka dengki liat orang yang keliatannya berhasil banget dengan jabatannya?

Enak kayaknya yah, dia sibuk ini itu tapi prestasi akademik dan lomba-lomba menang terus? ko gua tetep gini-gini aja yah?

Si itu kemana tuh? katanya mau bantuin, tapi ngomong doang. jadi capek sendiri kan nih.

Kalo gua mati sekarang, semua yang gua lakuin ini meringankan di akhirat atau justru memberatkan di akhirat ya?

Daaaaaan pertanyaan-pertanyaan lainnya.


Sedih sih kadang kalo berpikir untuk mempertanyakan ini semua. Justru karena gua ga nemu jawabannya, gua menjadikan ini sebagai suatu keresahan. Makanya gua tuliskan disini. Jadiin apa yang gua share disini sebagai pembelajaran bersama, jangan main-main sama yang namanya niat. Jangan main-main sama yang namanya amanah. Usia 20 tahun ini emang masa-masanya buat intropeksi diri, kalo berhasil mungkin gua bisa membangun peradaban. Kalo gagal di fase ini, ya justru gua jadi biang kerok peradaban. Jangan sampe.

Doain aja, gua bisa menyelesaikan kegelisahan ini dan yang paling penting, di akhirat nanti gua bisa mudah mempertanggungjawabkan ini semua. Semoga aku, kamu dan kita mendapatkan surga Nya dengan apa yang kita kerjakan hari ini.




2 komentar: