Jumat, 23 Maret 2018

#Semester4BiasaAja

"Gila lu yas, kemana aja luu? sibuk banget lu ya di Kema"

Yah kira-kira beginilah kalimat yang sering meluncur dari temen-temen gua di kampus. Gua dicariin. Padahal kenyataannya, gua kuliah masuk terus kok. Kalo emang keliatannya ga keliatan di kampus, ya berarti itu hari minggu kaliii. Hahahahahaha




Semester 4 kuliah ini emang rasanya nano-nano. Disatu sisi, usia gua udah lumayan tua disini. Gua udah bukan lagi memposisikan diri sebagai pembelajar dan orang yang bisa manja kapanpun ke akang-teteh di sekitar gua. Mental yang tadinya disetel buat selalu menerima ilmu, perlahan jadi gua yang harus menyampaikan ilmu. Yaiya dong, gua udah punya adek kelas. Roda organisasi juga berubah. Yang dulunya cuma sekedar staff rendahan, awal tahun ini terjadi regenerasi kepemimpinan di setiap lembaga kemahasiswaan. Belum lama, gua lagi cerita tentang kebingungan gua untuk memilih dimana gua bakal berkontribusi dan berkeluarga. Tapi alhamdulillahnya, akhirnya Allah udah menakdirkan gua di posisi yang sekarang. Kalo kalian masih inget, dulu gua sampe ditawarin 3 posisi strategis setingkat kepala biro organisasi baik di Fakultas maupun luar Fakultas. Yang gua inginin juga sebenernya lepas dari itu semua. Tapi yaa namanya juga takdir, kadang ga selalu ngikutin apa yang kita mau. Pada akhirnya, sebagai hamba Nya yang taat dan berusaha untuk khusnuzon, gua mulai menerima ini semua. Apa yang gua inginin ga tercapai dan apa yang Allah inginkan harus gua tuntaskan selama setahun kepengurusan. 

Dan akhirnya, sejauh ini gua ada di 3 organisasi. Senator BPM Kema Unpad di Komisi 1 yang ngurus legislasi,  Kepala Biro Komunikasi Anggota di Padjadajaran Research and Debate Society (Pleads) dan terakhir menjadi Kepala Departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa di Gamasis.

Berat emang. Jabatan diatas emang bukan bagian dari rangkaian mimpi yang sebelumnya udah gua tuliskan. Tapi karena gua yakin amanah ga salah memilih pundak, ya pantang untuk menolak atau lari dari nya. Rasanya, gua bakal ngeliat diri gua ini bakal banyak bertransformasi deh.

Mungkin yang tadinya orientasi kehidupan mahasiswa gua bernada aksi, sekarang jadi lebih kaderisasi.

Coba deh liat dan baca ulang, gak ada bidang yang "Ilyas banget nih!" gituu. Seorang Ilyas Muttaqin dikenal di Unpad dan di Fakultas Hukum karena heroisme nya, branding person nya sebagai seorang aktivis dan tukang demo. Gua juga gak menyangkal itu, ya gimana mau menyangkal kalo 7 dari 221 orang yang gua tanyain di kampus ala pertanyaan askfm "Eh lu kenal gua pertama kali pas kapann?" terus langsung dijawab "Di gerlam -gerbang lama- yas wkwk lagi bawa bawa toa"

Heuuuuuu.

Kalo emang ini waktu yang tepat, berarti gua ingin mengucapkan salam perpisahan gitu buat dunia aksi yang udah membesarkan nama gua. Karena 2018 ini kayaknya bukan menjadi tahun heroik yang akrab gelar parlemen jalanan lagi nih, agak sayang sih karena ini tahun politik dan harusnya bakal jadi panggung yang menarik juga untuk di eksplore. Cuma sang sutradara kehidupan ga nyaranin kesana nih, jadinya gua harus ditempatkan di tempat yang bisa menghasilkan manfaat untuk orang lain. Jantungnya tiap organisasi dan pergerakan. Kaderisasi.

Pernah suatu saat, gua terlibat diskusi di tongkrongan terkait perpolitikan dan unsur yang melekat di dalamnya. Percaya ga percaya, kayaknya orang udah ngeciriin gua banget sebagai politikus. Kalo ada isu terbaru pasti sering minta pendapat ke gua. Apalagi kalo udah nanya bawaannya langsung jadi serius. Yaelah apaansi wkwk biar begini juga gua masih sering cengar cengir kali, biasaaa ajaaa. Kita bicara ngalor ngidul. Dari mulai ngomongin makna sholat, aksi 212, pemerintahan Jokowi sampe filosofi dari politik itu sendiri. Obrolan ini sebenernya ga direncanain sih, tapi 2 jam langsung berlalu aja gitu. Sebut aja nama temen diskusi gua ini Reda. Dari yang awalnya kita cuma ngobrol berdua, sampe akhirnya banyak yang ngerubungin gitu tentang diskusi kita berdua. Kita emang banyak beda pandangan, contohnya kaya gua orang yang termasuk pro 212 dia lebih memilih posisi yang skeptis. Dia lebih cenderung suka dengan karakter kepemimpinan Jokowi kalo gua engga sama sekali seneng sama Jokowi. Dia banyak belajar dari kajian-kajian ustadz di Youtube dan gua mencoba mendengarnya karena gua sendiri bukan tipe orang yang demen denger kajian. Sampe akhirnya obrolan kita sampe kepada pertanyaan pribadi, kenapa sih yas lu sibuk banget dan milih ini itu. Gua spontan aja jawab,

"Ya bagi gua ini bagian dari politik aja da. Gua memaknai politik itu cuma sarana memperluas lahan amal aja. Dengan mempunyai wewenang dan kekuasaan, kita bakal bisa membawa ide-ide perubahan kearah yang lebih baik dibandingkan gak punya jabatan apa-apa di kampus"

Sampe sini hening sebentar. Gua juga gatau ini spontan terucap. Tapi pada akhirnya, walaupun agak tegang di awal dan di akhir, diskusinya seru kok dan gua juga dapet banyak perspektif tentang hal yang sebenernya gua ga setuju dari awal, menjadi mencoba untuk berkompromi dengannya. Ya begitulah, jangan pernah takut buat diskusi. Kalo takut nulis di Line? ya bolehlah yah, mengingat Line sekarang bukan tempat yang nyaman dan aman lagi buat menguraikan gagasan. Line sekarang udah terlalu menakutkan apalagi kalo udah membawa isu yang ga disukai banget sama mayoritas, pasti kolom komennya langsung penuh dengan hujatan dan kuliah umum. Gua sendiri takut dan udah ga berani lagi nulis-nulis di Line. Males. Jadi lebih baik gua mencurahkan segala keresahan dan ide-ide lewat Blog dan Twitter hahaahha. Kenapa ga Instagram? ah, terlalu banyak anak-anak lain yang begitu. Gua ga suka sama. Maunya berbeda aja.

Di dalam dunia perkualiahan, sebenernya gua sih sering membaginya menjadi 5 variabel. yaitu:

  1. Akademik
  2. Organisasi
  3. Kompetisi
  4. Kepanitiaan
  5. Pertemanan
Suka ga suka, ke 5 variabel ini saling berhubungan dan bisa jadi saling egois juga. Ketika kita terlalu fokus dengan beberapa variabel, maka bisa dipastikan bakal ada variabel lainnya yang akan terbengkalai. Sampe saat ini gua juga belom nemu role model yang bisa menyeimbangkan itu semua. Kalo pun ada, ya minimal 4 lah. Coba deh kalian scroll up lagi, dimana fokus kalian semua saat kuliah?

Kalo gua pribadi, gua cuma kuat buat nyeimbangin 3 variabel aja. Akademik, organisasi dan kepanitiaan. Karena ya itu tadi, gua udah terlalu kehisap di organisasi gara-gara megang 3 amanah dan strategis semua pula. Padahal sebagai insan yang ingin menebalkan CV, gua juga berambisi untuk ikut kompetisi debat. Tetapi karena waktunya udah abis ngurusin organisasi dan baru-baru ini gua kepilih jadi ketua panitia acara sekolah legislatif se-universitas, maka konsentrasi gua pun juga agak pecah ke akademik. Terbukti selama 2018 ini belom ada satupun buku yang gua selesai untuk baca:( asli, kerasa banget yang namanya ga pernah baca buku itu tuh, kering nalarnya. Jadi agak susah buat ngomong dan berargumen. Se berpengaruh itu. Tapi yang namanya akademik emang gaboleh dipandang sebelah mata, itu harus jadi fokus utama. Karena tanpa akademik yang baik, mustahil gua bisa aktif di organisasi dan kepanitaan. Yang ada nanti gua udah di DO duluan. Makanya fokus untuk menjaga akademik itu gua taro di prioritas paling utama. Pertemanan? yah, gua bukan tipe orang yang senang ber genk dan kongkow caw gitu. Gua bisa dapetin temen di organisasi dan kepanitiaan. Yaa walaupun ga intim-intim amat sih. 

Semester 4 udah berjalan hampir 2 bulan. Semuanya bergerak dan perlahan memberikan pelajaran tentang arti kehidupan dan fase orang dewasa yang secara ga sadar, gua udah mulai memasukinya. Sebagai orang islam, kayaknya gua harus mulai meresapi makna masa muda ini nih. Dapet nasehat keren dari Website Rumaysho, bahwasannya kita harus manfaatin 5 perkara nih sebelum datang 5 perkara. Yaitu:
  1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
  2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
  3. Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
  4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
  5. Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir)
Kadang takut juga gua kalo di akherat nanti, dari 24 jam waktu yang kita punya, masa muda ini malah dipake untuk hal yang sia-sia. Ini sih jadiin auto kritik aja untuk gua pribadi juga. Serem gitu, kalo nanti aib-aib gua di akherat bakal dibuka. Gua sendiri lagi berusaha membangun masa muda ini supaya nantinya bisa lancar mempertanggungjawabkannya di akherat nanti. Semoga Allah meluruskan niat gua atas segala amal baik yang bakal gua lakuin mulai dari sekarang.
.
.
.
.
.
.
Maka pertanyaannya, "Dihabiskan dengan apa aja nih masa mudanya?" 

Semoga kelak, kita semua dapat lancar mempertanggungjawabkannya.





0 komentar:

Posting Komentar