Minggu, 23 November 2014

WJSDC The debater society!

Assalamualaikum.Wr.Wb.
HOLAAAAAA~
Gua pengen cerita sedikit tentang kesibukan gua sebulan belakangan ini. Jadi,  gua ini abis mengikutin 2 kompetisi debat tingkat provinsi yang diadain dinas pendidikan provinsi jawa barat. Tau gak sih? untuk jadi seorang debater itu gak gampang CUK!! Emang lu pikir, debat itu cuma tinggal ngoceh, ngebacot dan ngegerakin mulut doang ngomong ngalor ngidul? ENGGAAK! debat itu bukan hanya soal ngebacot. Tapi: Soal cinta, loyalitas, dan harga diri... Ehem.
Satu hal yang perlu kalian tahu tentang debat itu, "Elu harus jago ngeyakinin semua audience (termasuk juri) supaya mereka tuh setuju dengan apa yang udah kalian omongin" Yak! jadi, kunci utama debat itu soal ngeyakinin orang orang bahwa "Pendapat gua loh yang paling bener" atau "Tuh liat, kamu dari tadi ngomonginnya itu itu aja padahal udah dibilang salah" kayak gituuh. jadi intinya, kalo udah sampe tingkat jawa barat sih gua ini udah termasuk orang yang 'Jago banget' ngeyakinin orang deh yak. Hmmmmmm

Inilah muka seorang yang hanya membutuhkan seperdetik untuk memastikan kalian semua ladies. Bicara soal 'kenapa muka gua gelap', itu sih karena pembiasan cahaya aja deh yak jadinya begini.

Bicara soal meyakinkan seseorang. Gua ada sedikit kisah cerita unik dan menarik yang in sya allah lulus sensor jika gua ceritain disini, nah jadi begini. Walaupun skill meyakinkan seseorang gua udah ditingkat jawa barat, tapi kalo soal meyakinkan seorang perempuan gua itu masih setingkat paguyuban pedagang ketoprak. Jadi waktu itu gua pernah suka ya sama seorang perempuan, keunikan dia yang paling utama itu dia suka banget sama yang namanya korea. Untuk itu, 3 bulan gua fokus mempelajari apa sih dunia per KPOP-an itu. Sebulan pertama, Gua faham apa itu boyband dan girl band korea, mereka itu ada: Shinee, Big Bang, 2pm, Super Junior, Sistar, SNSD, Dll. Sebulan kedua, gua faham siapa itu tokoh tokoh nya yang ganteng ganteng, mereka itu ada: Baekhyun, Shiwon, L atau Kim myungshoo, Kyuhyun, Onew, Kim su hoo dan masih banyak lagi. Tiga bulan kedua? gua ngerti apa itu Yadong.
Okeeeeeeeyyyy sterah mau lu nganggep gua ini menjijikan atau lu abis ini langsung ngajak gua Fangirling-an juga steraaaahhhh!!! tapi, perlu digaris bawahi bahwa setelah mempelajari korea yang notabene gua pelajarin itu buat modal 'Ngeyakinin dan ngedeketin' perempuan yang gua suka itu gua jadi kehilangan identitas diri/? Di depan cowok, gua sok cool dan suka ngebully cewek yang demen korea. Tapi didepan cewek, Gua ikut ngomongin KPOP-an, Okeyyyyyyy. Dan elu mau akhirnya gimana? Yaaah, pada akhirnya perempuan tersebut masih belum yakin terhadap diri gua dan lebih memilih menjauhi gua, Dan seorang ilyas muttaqin pun selangkah lebih dekat untuk bergabung dengan Fanbase Shawool. Sekian. :'(
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
EH MAAF YAK YANG TULISAN DIATAS TADI ITU DIBAJAK. SORRY SORRY

Kaya yang tadi udah ceritain sama Pembajak diatas. Sebulan ini gua sibuk banget eh lebih tepatnya di sok sibukin sama yang namanya kompetisi debat. Udah jadi rahasia umum yak, bahwa ilyas muttaqin itu: bawel, ngeselin, gak ngotak, slenge'an, ga bisa diem, kasar, ga rapih, gradakan, tampangnya kaya belom mandi, bacot, kaya sampah DLLLLL. Tapi, diluar itu semua gua bisa buktiin kok kalo 'diri gua yang lain' ini bisa jadi orang yang bermanfaat dan gak terlalu malu maluin orang tua banget. Hehehehee

Disini bukan gua mau bermaksud sombong karena pernah ngikutin lomba sampe bandung dan elo kagak pernah, BUKAAN BUKAAAAN ITUUUH! kalo pun emang gua mau sombong, gua ga pernah sombong dengan cara menceritakannya pada seseorang. Gua bakal lebih baik diem diem aja biar allah ga melaknat gua, dan... Kenapa gua ceritain ini ke elu? Karena gua ikut lomba ini ga menang wkwkwwkwk yang gua dapet cuma uang saku, pengalaman dan teman baru dari seluruh jawa barat. Jadi, semoga aja allah ga melaknat gua tooh gua disini cuma mau cerita hal hal yang menarik yang nantinya bisa gua ceritain ke anak cucu gua bahwa "De, Papah kamu ini dulu pernah ikut lomba kesana kemari loh.... tapi gak pernah menang" GITUUUUUU!!!  jadi, gapapa kan gua ceritain pengalaman gua di blog ini, wahai ilyas lovers? 



Gerbang keikutsertaan ilyas muttaqin di perlombaan tingkat provinsi dimulai dari ruangan kecil di depan gedung sekolah. Diruangan ini ada sebuah meja bundar yang biasa dipakai untuk rapat, ada meja wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana. Singkat cerita, itu bukan ruangan kecil. Tapi itu ruangan Wakasek-___- Dan ditempat itulah, seorang ilyas muttaqin mengikuti seleksi internernal antar siswa satu sekolah buat ngikutin lomba debat di kabupaten yang bernama "GALAKSI" Gelar Aksi Karakter Siswa Indonesia. Singkat cerita, Gua lolos dan kepilih jadi 1 tim debate yang berisi 3 orang ini buat berangkat ke dinas pendidikan kabupaten. Singkat cerita juga, gua menang. Alhasil, gua kayak mendapat golden ticket gitu buat ngikutin lomba debat selanjutnya. Jadi, setelah ngikutin lomba di kabupaten ini gua seakan menjadi 'Atlet debat' sekolah yang suka dikirim ke berbagai perlombaan. Salah duanya yaaaituuuu, lomba Debat 'GALAKSI' dan lomba Debat 'WJSDC' yang sama sama di bandung, lembang. Keren kan? kalo keren tepuk tangan, kalo enggak yaaa lanjutin aja bacanya.

1. GALAKSI 2014

Baru kali ini gua ngerasain yang namanya lomba tapi suasana persaingan buat merebut kemenangan itu hampir sama sekali gak ada. Disini, kita ga diajarin buat sikut sikutan buat jadi pemenang. Tapi yang paling penting itu sportifitas dan pertemanan yang dicari. Oya, perlombaan ini termasuk paling unik karena di Galaksi ini kita semua harus di tuntut multitalent yang artinya bisa ngikutin lebih dari 1 perlombaan. Jadi disini ada 6 perlombaan: Kaulinan barudak, Debat bahasa indonesia, Cipta lagu, Film dokumenter, Karya tulis ilmiah dan Seni membaca Al-Quran. Gua sendiri di perlombaan ini ikut 3 perlombaan, yaitu: Kaulinan barudak, Debat bahasa indonesia dan Lomba seni membaca Al-Quran. Oiyaa, walaupun gua darah depok tapi disini gua berusaha menjadi cepu dengan mewakili kabupaten bogor.  Dan, ini dia team mate gua selama 4 hari itu di kota lembang.........

Matanya fokus ngeliatan muka gua yang ganteng oleh air wudhu ini aja, gausah salah fokus kemana mana. Salah salah ngeliat muka setan dibalik tong sampah loh.

Perlu kalian ketahui. Selama 4 hari disini, lidah dan telinga gua terbiasa mendengar dan berbicara bahasa sunda. Tauu sendiri laah mereka ini dateng dari seluruh kawasan jawa barat. Jadi, untuk memperkenalkan temen temen gua diatas ini siapa siapa aja, gua bakal jelasin pake bahasa inggris. Oke, let me to introduce us.....
  1. Mr. Arif= He wear a black jacket and located in the center (looks the people who veri old in there hehehe) he's our guide during this competion. Oh yea, Mr. Arif is a headmaster in SMAN 1 ciseeng and the singer rock too.
  2. Mr. robby= He's a first from the left side. Looks like a metrosexual guy, its seen by the climis hair and his style (yeaahhh). He follow the documenter competion.
  3. Mr. Kevin=Looks like a chinesee person who follow a sundanesee competion, yeah its so disgusting and absurd you know. He follow the 'Making song' competion.
  4. Mr. ilyas= oke next.
  5. Mr. yusup= His a famous person in the puncak. Honestly, he come from the (sorry) village and his logat so sundanesee. Well, he always get a some bullying from our team mates and always gave a punishment whatever its it/? Oya, he follow the debate competion and Kaulinan Barudak.
  6. Mrs. Maya= She wear black hijab. Actually, im very difficult to describe her because of i dont really know about her. She follow the KTI competion.
  7. Mrs Aletta= She wear a white hijab. You know, im getting bored with her because of our skill looks like really same: We can speak loudly and we have a power to speak. So, in twice competion we always together. haaaaah

Begitulah penjelasan tentang temen temen gua yang berasal dari berbagai wilayah di kabupaten bogor ini. Serius deh, 4 hari eh enggak 2 minggu kenal sama mereka latihan bareng mereka lomba bareng mereka itu bener bener unforgetable momen bangeeet wkwwkwk bener bener dapet suasana pertemanannya, doain aja. semoga pertemanan kita ini bisa memudahkan kita semua terutama bagi saya sendiri untuk masuk ke surga nya allah swt lewat jalur 'mengikat tali silaturahmi' :'))

Villa radiant, lembang bandung. Sumpah, gausah nyari gua yang dimana karena diantara itu gua ga ada kok.



Seperti yang udah gua ceritain diatas. Lomba ini tuh bener bener ga diciptain buat bersaing menang, tapi disini untuk mengikat persabahan. Jadi disini kita ada seminar kebangsaan, kewirausaahaan, games interaktif pokoknya banyaak deeh. Pokoknya, 4 hari ninggalin sekolah itu ga nyeseel dapet temen baru juga, dapet pengalaman, dapet banyak uang/? dan masya allah cuma belom dapet gelar juaranya aja. haha.

2.  West Java School Debating Championship (WJSDC 14)

Okeee. Kalo di GALAKSI tadi gua dipaksa buat terbiasa berbahasa sunda, disini gua harus membiasakan diri gua untuk berbicara bahasa inggris. Dan elu tau, cuma di lomba ini aja gua merasa minder dan kurang nyaman entah dengan diri gua sendiri ataupun dengan team mate gua itu sendiri. Oya, kalo di GALAKSI itu gua bisa ngerasain yang namanya persahabatan tanpa ada rasa saling mengalahkan dalam perlombaan disini jelas beda bangeet. Balik lagi ke masalah minder, disini gua liat semua orang hampir berinteraksi menggunakan bahasa inggris. Oooh okey, sebagai orang yang bermodalkan pengalamaan aja dan sama sekali ga ada baground inggris inggrisnya ini gua jadi merasa kecil. Apalagi, setelah gua tau gua sekamar sama team dari bandung yang notabene nya team unggulan yang tiap tahun pasti ngerasain juara di turnamen ini. Yaitu, walaupun mereka enggak mengintimidasi gua tapi gua merasa terintimidasi secara halus. Entah kenapa....

Oyaa. Diluar itu semua, gua merasa salut karena fasilitasnya disini enaaak. Villa nya unik dan kesannya mewah, trus juga service nya baguus kenyang gua disini bisa makan enak terus apalagi tiap abis lomba dikasih coffee break. Kapan lagi coba, disaat semuanya lagi belajar, Gua bisa dapet pengalaman yang kek ginih.....




Dan disini gua dapet suatu pembelajaran yang berarti bahwa.... "kesan sombong dan dingin itu muncul karena kita itu belom kenal sama orang tersebut, kalo udah mengenal dia juga bakal seru jadinya" gituuuh. Jadi, yaaah karena faktor faktor diatas gua udah gak terlalu terobsesi untuk mencari kemenangan. Gua disini lebih terobsesi untuk mencari pertemanan, kalo kata filsuf filsuf sih teman itu lebih mahal harganya daripada hadiah.. heheehehehc jadi gua gak salah kan? Oyaa, disini gua lebih banyak dapet temen lagi ada temen bule laah, temen dari depok laah pokoknya banyak deh. Buat ngomongin hasil dan jalannya perlombaan guaa males nyeritainnya wkwkwk ga malu maluin amat sih, tapi gua disini fokus buat nyeritain pertemanannya ajaah. Nih fotonyaa..


I THINK THIS IS ENOUGH FROM ME, MAKASIH BAGI YANG UDAAH BACAAAA DADAAAAH~~


1 komentar:

  1. Mantap broh!! sebenernya agak terlena sama cerita tentang K-Pop, but, still nice intermezzo!! udah melalang buana ternyata temanku yang satu ini, ane menyusul gaan!!

    BalasHapus