Sabtu, 14 Januari 2017

Ilyas Muttaqin REBORN!!

2016 adalah tahun yang paling tidak produktif bagi blog Gua ini, yah ada banyak pembelaan emang buat melatari itu semua. Kalo emang kalian mau tau, mungkin ini beberapa alasan yang bisa Gua buat:


  1. Katakanlah hidup Ilyas Muttaqin itu berwarna dan penuh dengan segala aktifitas, didalamnya terdapat berbagai macam kisah. Pengen rasanya langsung share disini, tapi selalu mati dan males ketika udah di depan laptop. Yang tadinya niat mau nulis, eh ke goda sama hal lain. Dulu niatin kalo dirumah udah ada WIFI bakal bisa tiap minggu update, cuma udah setahun ini dirumah ada WIFI malah hampir sama sekali ga ngepost.
  2. Ini pembelaan yang berbau ngeles si, gua emang jarang ngepost disini, tapi untuk nulis Gua emang lagi seneng banget buat numpahin di Instagram dan Line. Berkat keduanya, nama Gua bisa naik dan dikenal seantero Maba UNPAD ahaahahaha. Iya, bisa di cek home Line Gua dan instagram Gua, sedikit sering gua naikin issue yang sebenernya sensitif untuk diangkat dan bahkan bukan ranah tingkat mahasiswa baru kaya Gua, tapi karena emang demen yang beda, yaaa apapun itu pasti Gua lakukan! hahahahaah
Pernah gak sih Elu nonton film yang tokoh utamanya itu udah ditakdirin jadi pahlawan, tapi beliau ga sanggup? sampe akhirnya plot ceritanya digambarin beliau ditempa hidupnya dengan berbagai masalah yang berat dan sering dipertemukan dengan orang hebat. Beban amanah banyak di bahu nya dan semua orang berharap banyak sama dia. Sering ya, sejauh ini penggambaran mirip kaya gitu udah gua temuin di film macam Lord Of The Rings, Spiderman, Transformer, dan banyak film superhero lainnya. Nah, lalu bagaimana dengan Ilyas Muttaqin? kalo misalnya gua liat hidup gua 5 bulan kebelakang ini, Gua kok jadi merasa bahwa gua lagi jadi bagian di dalam film itu. Gua tokoh utamanya. Kok bisa?

Belom lama kemaren, Gua main ke SMA, setelah ketawa dan salim sana sini mendengar berbagai macam petuah dan bercerita tiba tiba gua dipanggil sama salah satu guru yang emang udah melegenda doi galak, lebih tepatnya diem diem ngeselin. Gimana gak ngeselin, dulu gua pernah tiba tiba ditegor tanpa sebab "Kamu belajar yang bener yah, jangan ngecewain orang tua kamu" LAAAAHHH, segitu gua diem loh. Banyak lagi kisah dinasehatin dadakan antara Gua sama Dia. Tapi di hari pertama gua masuk lagi ke ruang guru buat silaturahmi setelah kuliah di UNPAD, dia tiba tiba manggil gua untuk ngobrol empat mata, dan terjadilah percakapan kurang lebih 40 menit. Intinya, dia bilang kalo:

"Kamu tau kenapa Ibu menaruh perhatian besar sama Kamu? karena Kamu berbeda, Kamu punya kekuatan dan bakat untuk jadi pemimpin di masa depan tergantung gimana cara Kamu nyikapin masalah di depan nanti. Bisa jadi Kamu bakal jadi bandit yang nyengsarain masyarakat Indonesia kaya pemimpin sekarang-sekarang ini. Dan bisa jadi Kamu bakal bisa bangun Indonesia jadi negara yang sejahtera. Sucikan hati kamu, sampe rumah langsung sholat hajat doa sama Allah minta dimudahkan segala urusannya dan dimudahkan."
Persis tidaknya sih gua lupa yah, cuma pointnya kurang lebih seperti ini. Gua ampe bingung, kenapa Beliau berani bilang gini dari sekian ribu siswa yang udah pernah Beliau didik, kege'eran dong? maka Gua tanya "Bu, kenapa dari sekian banyak murid ibu ngobrolnya ke Saya aja? tadi temen Saya juga banyak yang kesini" Beliau langsung tegas bilang "Karena Ibu punya mata elang, ibu tau potensi-potensi tiap individu" sedikit percaya ga percaya sama diksi yang dia ucapin, antara mitos atau gimana, tapi btw Beliau itu guru BK jadi ilmu Psikologinya dapet lah dikit dikit. Sepanjang obrolan gua jadi mikir, kalo diinget-inget gua ga sekali nih pernah kaya gini. Ini bukan omongan pertama orang muji sekaligus nitipin beban ke Gua dengan gaya obrolan seperti ini. Fyi, dibalik 'diam' nya Beliau, ternyata Beliau banyak bercerita tentang kesuksesannya menjaga idealisme di sekolah sejak dulu dan keberhasilannya mendidik anak-anak emas tanpa orang tau beritanya gimana. Yah, di sekolah emang Beliau ga populer, tapi itulah kenapa Beliau menceritakan ke gua semuanya seolah-olah mengisyaratkan bahwa "Elu udah pantes yas denger ini semua, sekarang tinggal Elu jalanin apa yang udah gua amanahin nih". Silahkan meregangkan badan dan merileks-kan mata dulu ya buat pembaca, maap disini bukan ingin sombong, ga ada sama sekali untuk berniat kaya gitu, cumai ngin berbagi keluh kesah aja.

Gua memegang prinsip bahwa "Dimanapun Gua berada, Gua harus terlihat berbeda. It's good to be different" Ya, disaat semua orang terlihat sama, apa salahnya untuk terlihat berbeda? disaat semua orang mengikuti arus, bakal lebih asik jika menantang arus. Prinsip seneng beda inilah yang gua pegang sejak SMP sampe sekarang. Emang cobaannya berat, Gua banyak diteken sama mayoritas, Gua di cap yang ga sesuai sama mayoritas tapi Gua bisa bertahan dari itu semua. Itulah kenapa Gua dikenal sama banyak orang, punya temen dari timur ke barat dari Cibinong sampe Depok. Soal pertemanan, Gua ga mau bergenk, yang suka mengeksklusifkan diri diantara yang lain. Ga suka sama sekali. Tiap orang yang Gua temuin, Usahain Gua sapa dan ajak ngobrol. Karena komunikasi itu penting. Tapi jadinya yaa gitu, temen Gua banyak tapi temen yang bener bener temen ga punya sama sekali! hahahaha. Beda dengan kebanyakan berprinsip 1 sahabat lebih baik dari 1000 teman, kalo gua lebih baik punya 1000 teman dibanding 1 sahabat. Karena ketika 1 sahabat hilang, kita ga ada sahabat lagi. Tapi, kalo ada 1 temen ilang, yaaa masih ada 999 lagi kan? Eaaaaa.

Balik lagi soal mengemban amanah, udah banyak moment baru dimana Gua tau apa itu artinya politik meja makan, apa itu orang langitan dan istilah istilah asing lainnya. Yaa, karena tinggal di lingkungan para Letnan dan Jendral kampus di Unpad, obrolan sehari-hari gua yaa mau gamau tingkat akhir semua, Gua yang masih Maba ngerti ga ngerti harus bisa terlihat ngerti dihadapan senior. Berbagai aksi serta penyikapan Gua ikut, sampe akhirnya Gua bener bener naik setingkat atau bahkan 2 tingkat dari sebelum-sebelumnya, bener kalo emang proses lah yang menempa gua hingga jadi makin tajam kaya gini. Beberapa pengalaman nya yaitu:

  1. "Walaupun gagal dalam pemilihan ketua angkatan yang dalam prosesnya cukup sengit, di akhir acara temen-temen Gua pada bilang "Udaah yass ketua BEM 2018 nanti, ga cocok luu jadi ketua angkatan"
  2. Selesai aksi galang dana untuk Aleppo dimana gua jadi orator dan berpakaian penuh darah-darah, senior langsung bilang "Mantaap boyy elu udah dikenal sama orang langitan!"
  3. Sebagai Maba, Gua pengen keberadaan Gua diakuin dan diperhitungkan. Tentunya dengan cara yang elegan. Sampe akhirnya Gua buat tulisan terkait deklarasi dukungan ke salah satu calon di Line dan seketika booming,beberapa senior ga suka sama tindakan Gua. Tapi di satu sisi, Gua nemuin temen-temen baru lagi dan kembali berada di sekitaran orang-orang hebat.
  4. Belom lama ini, Gua update video tentang orasi Hari Anti Korupsi tanggal 9 Desember. Ga nyangka, respon temen-temen gua diluar perkiraan. Kirain, namanya orasi dan ngomong tereak-tereak itu adalah hal yang biasa dan semua orang bisa, tapi melihat pujian di kolom komentar berasa jadi sedikit terbang diri ini. Sampe pada akhirnya, di tiap Aksi gua selalu yang memegang kendali toa dan memimpin orasi. Ga peduli siapa yang gua pimpin dan angkatan berapa sekarang Gua ini. Hahahahaha
  5. Puncaknya, 3 hari yang lalu gua dapet kabar bahwa gua diamanahkan untuk jadi Kepala Departemen kebijakan publik, suatu bagian yang vital dan strategis yang biasanya di dudukin anak anak 3 taun diatas gua dan punya jam terbang yang panjang, bukan seperti diri ini yang baru masuk kuliah dan ga ngerti apa-apa. Setelah melalui berbagai pertimbangan dan sholat istiqoroh serta meminta pendapat berbagai murobbi, mereka semua nyaranin Gua untuk ambil jabatan bergengsi itu. Dengan segala pertimbangan dan resiko yang ada.
Demikian beberapa point serta pengalaman yang sebenernya cukup panjang yang bisa gua ceritain disini, buku-buku perjuangan semacam Fidel Castro, Che Guevara atau Mahmud Ahmadinejad yang dari SD gua baca ternyata bener bener kepake jalan juangnya sekarang. Gua sih tipe-tipe orang yang abis baca buku, praktek. Akhir-akhir ini Gua jadi sering beli buku, padahal dulu ga pernah beli buku selain komik. 2016 udah ngajarin bahwa buku itu penting dan sumber ilmu, maka untuk mempertajam daya insting serta analisis Gua beli buku lumayan banyak untuk stock liburan kali ini. Entahlah bakal habis dibaca atau enggak, cuma kelihatan beda aja kekuatan kepercayaan dirinya kalo misalnnya koleksi buku lu itu banyak dan suatu kebanggaan kalo lu bisa cerita tentang suatu buku kepada orang lain lalu orang itu kagum sama Elu. Nah, tunggu Ilyas Muttaqin melakukan hal seperti itu ke kalian yak! Yuu bangkit sama-sama, konon umur dunia ini udah gak lama lagi loh. Mari melakukan perubahan kecil, Ayoo berkontribusi untuk lingkungan di sekitar kita!! Ilyas Muttaqin, REBORN!!!!!

1 komentar:

  1. Semangat aja yas, jangan sombong dan tetap jadi ilyas yang selama ini dikenal orang: periang

    BalasHapus