Minggu, 04 Februari 2018

Ini Ambisi Gue, Mana Ambisi Lo?

Kalo ada pertanyaan, apa ambisi terbesar dalam hidup gua. Gua bakalan mantap buat ngejawab,

"JADI HAFIDZ QURAN!"


Loh, kok bisa? ya jelas bisa. Biar bertampang kriminal dan slengean gini, jauh di dalam alam bawah sadar gua udah menekankan bahwa sebelum gua meninggal, gua harus jadi seorang hafidz quran. Seperti yang kita ketahuin, bahwasannya keutamaan menjadi hafidz quran itu banyak. Janji-janji Allah terhadap orang yang bisa menghafalnya juga udah ga terhitung. Kita semua clear disini karena kita semua juga udah tau apa-apa aja kelebihannya. Yang jelas, banyak hal yang mendorong gua untuk ngambis menjadi seorang hafidz quran. Perjalanan hidup dan tempaan lingkunganlah yang paling besar membentuk ambisi gua ini. Ambisi akhirat. Eh engga deng, insya Allah ambisi jadi hafidz Quran ini dunia-akhirat. Lantas, gimana?

Sebagai seseorang yang udah merasakan didikan semenjak dalam kandungan, gua mungkin udah terbiasa di ngajiin atau mungkin di sholawatin sama orang tua gua. Naik ke usia 4 tahun atau kurang lebih segitu, gua inget banget kalo setiap waktu sebelum tidur gua itu selalu di doain lagu khatamal Quran yang "Allahummarhamna bil quran" pokoknya walaupun itu udah kejadian 15 tahun yang lalu, tapi rasanya ingatan ini masih segar aja. Kalo di inget-inget, orang tua gua termasuk seorang pendongeng. Gua ngerasain kayak di film-film, dimana waktu sebelum tidurnya seorang anak itu di isi dengan cerita-cerita nabi atau kisah inspiratif lainnya lalu ditutup dengan doa khatamal Quran tadi. Coba gua mau tanya sama kalian, kira kira pertama kali kalian tau kisah nabi itu kapan? seinget gua ya, gua udah tau dari semenjak umur segitu. Gimana nabi Nuh ada di dalam perut ikan paus, kisah nabi Sulaiman yang bisa ngomong sama hewan gitu gitu udah gua denger 15 tahun yang lalu. Entahlah, mungkin suplemen inilah yang gak gua sadarin jadi pengikat orang tua gua ke dalam diri ini. Rasanya, ketika gua jauh dari agama, ada aja hal-hal yang bikin narik kembali. 

Gua sadar, bahwasannya ngafalin Quran itu gak mudah. Tapi entah kenapa, selalu ada aja tangan-tangan yang memudahkan gua dalam menghafalnya. Waktu SD, gua diwajibin setelah lulus kelas 6 itu harus selesai 2 juz. Alhamdulillah, dari sekitar 58 orang gua selesai ke 5. Itu itungan saingannya sama anak-anak ustadz sama anak yang dari dulu udah punya hafalan banyak. Banyak pengalaman yang membekas hingga sekarang. Kaya dulu gua pernah sampe tangis pas nyetor surat gara-gara ga lulus lulus hahahaha. Jadi dulu, surat apa gitu yah At-Takwir atau Al-Insan gitu kan lumayan susah, nah gua butuh nyetor 3-4 karena dinilai ga lancar. Karena kesel selalu disuruh ulang, gua ampe empet sendiri sama guru gua wkwk. Sampe bel pelajaran udah kelar, gua masih bertekad buat nyelesain hari itu juga walaupun temen-temen gua udah balik. Setelah nangis, akhirnya gua coba tenang dan ngafalin lagi. Sampe akhirnya gua berhasil lulus surat itu. Gatau dah, waktu itu alasan guru gua ngelolosin karna gua nangis apa emang bacaannya udah lancar. Hhhh

Juz 30 sebut aja ayat favorit gua itu Al-Fajr sama Asy-Syams. Gatau kenapa suka aja sama kedua surat ini, entah karena ngafalinnya dulu butuh perjuangan atau gimana. Terus juga kalo ga salah pengalaman yang berkesannya lagi adalah gua berhasil nyetor surat An-Naziat tanpa ngafalin sebelumnya. Iya, beda kaya An-Naba atau surat-surat lainnya di juz 30. Gua merasa belom pernah sama sekali ngafalin surat ini. Tiba-tiba hafal. Setelah gua inget-inget, gua ngafalnya karena sering denger murotalnya. Disadari atau enggak, gua emang orang yang selalu seneng berkompetisi, termasuk dalam menghafal ini. Ga seneng aja rasanya ada temen gua dulu yang bolak-balik nyetor, sedangkan gua diem doang. Ga, ga, gabisa gitu. Sampe akhirnya setiap gua dulu maen komputer, backsound lagu di 'Winamp' nya selalu murotal Quran suaranya Sudais, imam Masjidil Haram. Hasilnya? gua bisa ngafalin surat Al-Mulk, Al-Qolam, Al-Haqqah, Al-Ma'arij secara berturut-turut dengan waktu yang singkat. Padahal yak, itu semua termasuk surat yang jumlah ayatnya panjang dan butuh konsentrasi tinggi buat ngafalinnya. Sampe sekarang, gua masih bisa gitu nginget tiap nada dari Sudais di murotal setiap murojaah surat tersebut, bahkan sampe inget dulu gua sambil maen Game Boy Advance nya Pokemon sambil dengerin surat-surat itu. Sampe akhirnya, di SD gua lewatin finish di juz 29 karena nambah 1 surat At-Tahrim di juz 28 dan 1 halaman At-Talaq setelahnya.

Selesai ngafalin 2 juz saat SD, tantangan setelahnya jauh lebih menantang lagi. Tapi alhamdulillah, walaupun -sebut saja- SMP gua ga bagus-bagus amat, kek waktu itu gua ceritain disini, gua berhasil nyelesain 1 juz. Beda kaya waktu di SD yang emang udah di setting kondisinya sekolah islam dan ada pelajaran khusus Tahfidz nya, di SMP ini gua harus bener-bener bermodal tekad buat ngafalin. Lantas, gimana caranya? kalo ga salah, gua dari dulu konsisten deh buat ngafalin 1 ayat 1 hari. Sehabis maghrib gua hafalin, terus juga pas kelas 2 SMP gua ikut ngaji gitu sama Kang Yayan Rusdan di mesjid rumah. Beliau ini sebenernya ya bapak-bapak kantoran biasa. Cuma sering jadi imam gitu dan suaranya lumayan bagus, hafalannya juga banyak walaupun bukan baground pesantren. Jadilah tiap abis maghrib gua setoran sama beliau bareng abang gua dan 2 orang temen gua. Kalo ga salah, ini ga berjalan lama deh. Cuma 6 atau berapa bulan gitu intinya ga sampe setahun. Nah pokoknya seinget gua, SMP itu gua selesai 1 juz sampe Al-Mujadillah. Alhamdulillah banget kan? ditengah kefuturan gua sebagai anak SMP yang baru mengenal cinta dan lingkungan yang ga terlalu kondusif, tapi tekad menghafal Quran itu selalu ada. Gua bersyukur disini dan mungkin ini hal yang baru gua sadari belakangan ini. Sampe akhirnya, gua bertanya-tanya sendiri "Kok bisa yah dulu gua hafalin 1 juz gini selama 3 tahun padahal begini-begini begitu-begitu dulu?" tapi alhamdulillah, Allah bayar lunas. 1 juz selesai. Ya walaupun gua sadari hafalannya ga lengket banget sih, ga sebaik juz 29 & juz 30.

Naik ke jenjang SMA, kondisinya lebih baik dibandingkan dulu pas SMP. Tapi permasalahannya, gua gak punya guru setoran selama 3 tahun ini. Gatau yah seinget gua sih ga ada. Jadi gua tetep lanjutin tekad gua buat ngafalin 1 hari 1 ayat tiap abis maghrib. Tapi oiyaa! di tahun ini udah menjamur nih komunitas-komunitas Quran gituu kaya ODOJ (One Day One Juz) yang sempet booming di Wasap. Nah kalo gua, ikutnya yang ODOL (One day One Line) gak se hitz ODOJ sih yang membernya udah ribuan, gua ikut ini karena disaranin Teuya di grup keluarga. Kayaknya diantara anak-anak di keluarga, yang daftar gua doang deh karena Teteh gua notice nya ke gua doang. Singkatnya, gua ikut tuh dan masuk grupnya. Aturannya sederhana, di grup itu kita di partner buat ngafalin dengan cara kirim VN dengan waktu yang udah disepakati. Setoran by wasap ceunah. Gua dapet partner bapak-bapak kalo ga salah, jadi ya gitu. Tiap ngajakin "Ayo kang setoran" kadang dia ada urusan, "Sebentar ya, anak saya lagi rewel nih" Yhaaaaaa. Tapi alhamdulillah kalo ga salah bisa berjalan kurang lebih setaun, itu juga ga jalan lagi karena waktu itu HP gua ilang di angkot wk. Momen yang paling berkesannya ya gitu, kita saling nyetor tiap maghrib dan benerin bacaan. Sebenernya kalo gua mau, ya bisa aja gua boongin beliau dengan cara baca Quran aja tanpa harus so-soan ngafalin kalo emang niatnya mau dipuji dan cepet cepetan ngafal. Tapi gak bisa gitu kan. Gua ngafalin surat Al-Hadid-An Najm kalo ga salah dan beliau ngafalin surat Al-Baqarah ayat 100 keatas. Ya berkahnya, karena keseringan denger beliau lagi nyetor gua jadi hafal sendiri ayat yang dia apal. Kalo dipukul rata, kayaknya selama SMA 3 taun ini gua selesai 1 juz deh tapi kaya udah mulai ngacak gitu. Karena bete ayatnya panjang-panjang, gua lebih milih loncat cari surat yang gampang di hafal. Ditengah pelarian ngafalin Al-Hadid contohnya, sampe sekarang sejujurnya gua belom apal-apal wkwk langsung loncat ke surat selanjutnya Al-Waqiah dan sempet juga ngafalin 4 surat berturut-turut Al-Isra 1 halaman, Al-Kahfi 10 ayat, Maryam 1 halaman, Thaha 2 halaman. Keren yah, semoga berkah deh kalo cara pelampiasan ga apal-apalnya malah ngapalin surat yang lain.

Sekarang, gua udah masuk tahun ke 2 kuliah atau udah 1 tahun 6 bulan. Proses menghafal 1 hari 1 ayat itu insya Allah masih berjalan walau bolong-bolong. Tadi terakhir gua selesai juz berapa? kalo ga salah, gua masuk Qaf deh selama masa kuliah ini. 1 tahun kebelakang gua habisin Qaf - Al-Fath. Nah baru anget nih, 3 minggu lalu gua ikut program karantina Hafalan Quran. Semua ini berkat tekad dan ambisi gua buat nyelesain hafalan. Sebenernya ceritanya panjang sih, gua berniat buat di tulisan baru aja kalo sempet wkwk. Tapi sekedar spoiler, gua ikut program karantina buat ngejawab tantangan Teuya aja. Kalian masih inget gak, kalo dulu sebelum masuk kuliah gua di 'orientasi' dulu sama keluarga? salah satunya ada yang bilang, 

"Aku sih daripada ngafalin Undang-Undang, mending ngafalin Quran"

Dimulai detik itu, gua berazam buat nyelesain. Nyelesain dua-duanya. Gua hafal Undang-Undang dan gua hafal Quran. So what?

-Insya Allah bersambung-

0 komentar:

Posting Komentar