Senin, 26 Januari 2015

Langkah langkah membuat SIM... bagi pemula.(1)

Disini udah ada yang nonton stand by me nya Doraemon belom sih? bagi yang belom nonton, sini biar gua kasih tauin. jadi, nanti itu Doraemon disana enggak lagi make kantong ajaib yang biasanya, tapi make kantong ajaib yang.... ada lambang osis nya ditengahnya. Alat alatnya juga unik unik, jadi pas diawal awal dia ngasih nobita "alat pembungkus udel" eh yang keluar malah, kain kutang. Eh tapi disini masih ada yang kenal dekisugi kan? iya, di film ini dia jadi orang yang pinter banget. sampe sampe dia bikin seminar "7 Cara sukses dia usia muda" weeeeeehhh. peserta yang ikut kalo ga salah ada: Conan edogawa, Sasuke sama yang terakhir itu kalo ga salah sonny wakwaw. Tapi yang jadi point of interest di film ini tuh si shizuka yah, soalnya disini dia udah make hijab. yang kalo nongkrong di sevel/lawson pasti bakal jajan, beda kaya hijabers hijabers masa kini.

Oiya, Fyi aja.... di film ini ibu nya nobita itu ikut majelis taklim 'Roudhotul hasanah' kalo ga salah, jadi di akhir akhir acara doi ikut acara tv curhat mama dedeh. Tapi pas sampe studio, studio nya langsung gelap gulita....... Emang mamah nya doraemon lagi merem.

 
Oiya, gua lupa ngasih tauin. Di stand by me nanti kue nya bukan dorayaki lagi, tapi jadi kue rangi.




10 Januari 2015, keberadaan gua resmi diakui oleh negara. Itu artinya, berdasarkan undang undang dan hukum negara republik indonesia seorang ilyas muttaqin yang tampan dan memiliki 7 rasa ini bukan lagi orang yang tanpa status gituh, tapi udah resmi. Jadi intinya, gua udah boleh nikah coy.

Gak puas sampe disitu. Keberadaan gua juga harus diakui sama Kepolisian Republik indonesia, dong. Maka dari itu, terhitung sejak tanggal 17 januari 2014 gua dikasih uang  dikasih kesempatan sama tuhan yang maha esa, allah swt untuk mengikuti ujian bikin sim di salah satu tempat di yang depannya pasar belakangnya segar. Terimakasih ya allah atas waktunya, dan karena gua udah bawa bawa nama tuhan gua di dalam paragraf ini itu artinya bahwa gua bikin sim ini in sya allah murni tanpa sogok menyogok, beda kaya elu elu pada hahaha. Nih ya, awalnya gua mikir untuk gausah ambil pusing bolak balik di tolak ujian sana sini mending ngasih sepersekian uang, terus dapet deh apa yang gua mau. Eh tapi, sebagai seorang yang hidup di keluarga yang 'lumayan' religius. Hati besar gua menolak untuk melakukan hal itu. jadinya, gua melakukan nya dengan murni. Yah, itu alasan utamanya: karena gua takut dosa di neraka akibat perbuatan sogok menyogok. Alesan kedua nya kalian mau tau apah? yaituuuuuu, karena budget gua gak mencukupi untuk menyogok orang. classic. heheheheehehe.

Untuk jadi orang jujur itu emang banyak tantangannya, jadi gak heran kalo yang namanya orang baik itu makin kesini makin dikit karena ya emang berat buat jadi orang baik.


 Itu gua alamin saat baru pertama kali masuk ke tempat pembuatan sim nya. Baru sekitar 9 langkah dari pintu masuk, tiba tiba ada orang berbaju preman Jbjb dengan bilang "dek, mau buat sim yah? mau dibantu gak?" dengar tawaran kaya gitu, gua seketika jadi cewek cantik nan populer ketika lagi berhadapan dengan cowo 'biasa aja' yang lagi deketin dia. Cuekin ajaaaah~
Masuk ke pintu utama deket ruang tunggu, tiba tiba ada ibu ibu yang nawarin gua lagi buat bikin sim, cuma kali ini kata katanya agak beda sedikit sama yang pertama "sini sini dek kalo mau dibantu duduk disebelah sini" dan alhamdulillah, bagai telah melewati jembatan sirotul mustaqim, hati gua jadi tenang. Seenggaknya, gua berhasil mengatakan "Katakan tidak pada korupsi..." Hmmm.

Sampe di tempat, gua bener bener kebingungan. karena banyak banget loket dan tau sendiri laah gua dateng kesini sendiri. jadi dengan bermodalkan kepercayaan diri yang gua miliki. gua beraniin aja tuh buat nanya di tempat registrasi. Oiya, bagi kalian yang belom pernah ataupun pengen tau bisa nih dibaca petunjuk religius yang udah gua lakuin sebagaimana pengalaman gua tadi:

1. Hal terpenting yang harus lu miliki ketika ada di tempat keramaian itu ketenangan. yaiyalah, jangan pasang muka panik ataupun pasang muka genit. sumpah, itu gak lucu. Oke balik ke topik. Untuk dapetin formulir nya, itu persyaratan nya diantaranya ada: Test kesehatan, Foto kopi KTP, Bikin asuransi dan beli formulir. Itu lah persyaratan admistrasinya, jadi kalian tau apa yang harus dilakukan saat ini? yak, benar. kita harus lakukan cek kesehatan duluuuu. Oiya, gausah panik atau gausah update path segala, semua fasilitas itu udah ada biasanya di tempat sim kalian masing masing. jadi, jangan lupa test kesehatan dulu yaaaaa kalo ga salah bayarnya itu sekitar 25 ribu.

2. Udah di test kesehatan yang sebenernya ga penting penting amat itu, lu harus lanjutin ke tempat fotocopy buat fotocopy sim. Eh salah, KTP maksudnya. Oiya, jangan lupa bawa pensil sama pulpen karena di tempat ini harus sedia pulpen sama pensil. kalo ga bawa? ya terpaksa beli.... dan alhamdulillah disana tersedia kok.

3. Udah ada fotocopy KTP, terus langsung aja tuh ke tempat bikin asuransi. Buang pikiran dimana yang namanya buat asuransi itu ribet karena bakal ditanya ini itu syarat itu ini, kagak. Prosesnya semudah menebar emot muah ke gebetan doang kok. cuma ngasih uang 30 ribu terus jadi deh. Gampang kan?

4. Asuransi udah ada, fotocopy udah ada. Terus tinggal beli formulir deh di loket yang udah tersedia, serahin fotocopy sama bukti beli asuransi nya terus sama bayar uang 100 ribu. Setelah itu? yaaah diisi lah formulirnya. tenang aja, disitu kaya disediain meja gitu kok dan ngerjainnya gausah panik. gak perlu belajar gak perlu liat kanan kiri. Pokoknya sekali gua tegasin, prosesnya semudah pujaan hatimu meninggalkan kamu deh yak...

6. Oya, sebelumnya. Tolong dong liatin dulu urutan angkanya, jangan langsung baca steps gua ajee!! ucett daah, sabar. itu ada yang salah, coba benerin masing masing di dalem hati yah. Btw, setelah di isi dengan lengkap formulirnya langsung aja kasih ke tempat pendaftaran, taro berkasnya disitu dan siap siap deh masuk ke ruang  ujian. Sejujurnya, gua juga agak takut abis yaa gimana yah.. pokoknya lu lu semua aja deh ngerasain sendiri sensasinya gimana. Brrrrr~

7. Jadi, diruang ujian teori ini lu ditempatin di sebuah kelas macam kelas bimbel gitu lumayan nyaman. Dikasih 30 soal yang isinya ga jauh dari rambu rambu lalu lintas, pokoknya aaaahhhh banget dah. Ga penting gitu soalnya, serius dah. Seharusnya, yang namanya ujian ngambil sim C buat motor itu pertanyaannya seputar motor aja kali yak eh tapi bingungnya segala ada gerak gerik polisi lalu lintas yang mesti kita pahamin dan ngertiin, terus ada lagi soal tentang di perempatan ada mobil ada motor yang mana yang harus lewat. Haaahhhh. eh tapi bagus juga sih, seakan akan dalam soal ini kita ga diajarin sekedar nge gas sama nge rem aja, tapi juga diajarin buat peduli sama lingkungan sosial kita terutama pada saat berkendaraan agar terciptanya keselamatan lalu lintas. asik.

Kalo 'misalkan' kalian lulus di fase ini dengan nilai benar lebih dari 21 maka kalian lolos. Dan kalo dibawah itu yaa mau gak mau harus diulang minggu depannya. kalo lo nanya gua lulus atau kagak, gua gak lulus. bener gua cuma 19, yah ternyata gua cuma bisa nge gas sama rem doang tanpa mempedulikan lingkungan sosial gua ketika di jalan raya-__- puasss?

8. Kalo misalkan lu lebih hebat dari gua dengan hanya sekali test langsung lolos, berarti lu langsung bisa ke test praktek. eh engga deng, sebelumnya lu harus nunggu dulu di ruang tunggu kalo udah dengan hallo-hallo yaa yaudah, gih dah ke tempat praktek.

Fyi aja nih nanti disana dikasih 3 pilihan: mau test make motor matic, gigi atau copling. Disana ga ada pilihan kamu, atau dia. karena dia nya udah ga mau deket sama kamu lagi, hih. Oke lanjut, kalo misalkan lu milih matic atau gigi dikasih kesempatan cuma 1x kaki nyentuh tanah aja tapi kalo make motor kopling itu 3x. Khusus untuk perempuan, dikasih kesempatannya sampe 3x disetiap motor. Yagitu, Cewek mah emang dapetnya yang enak aja.
Disana dikasih 2 tantangan yang harus dilewatin, kalo di daerah gua sih yang pertama harus muterin angka 8 terus selanjutnya  harus zig zag gituuu. Di percobaan seminggu kemudian, gua gagal lagi nih di tantangan praktek. kaki gua nyentuh pada saat zig zag, haaahhhhh.

9. Kalo kalian udah ngelakuin test praktek, selamat!! yang namanya tantangan tantangan udah selesai. tinggal foto terus dapet deh sim nyaa. Eh, cieee keberadaannya resmi diakui sama negara nih yeeee

Yaaaah, begitulah tutorial singkat cara bikin sim C yang syari'i ala ilyas muttaqin, lelaki 7 rasa. Btw, sesuai pengalaman gua nih yak. Bikin sim secara manual gini bikin harkat martabat lu naik tauk! ga sekedar di mata agama aja, tapi juga di lingkungan pertemanan pun juga bakal diliat 'keren' karena elu berani beda dibanding shohib shohib ente yang bikinnya tinggal beres aja. Yaaa gitu tapinya, perlu kesebaran juga. terbukti, sampe dengan tanggal 24/01/2015 aja seorang ilyas muttaqin masih belom dapet sim nih udah 2 minggu lama nya bolak balik gagal terus hahahaha gapapa lah seenggaknya gua udah bisa berbagi pengalaman di temen temen gua tentang cerita yang mahal ini, terus juga ga salah juga lah waktu gua terkorban banyak bolak balik bikin beginian. itung itung buat menekan angka korupsi di lingkungan kepolisian negara kita. Katanya, pengen negara ini bebas korupsi. Loh loh katanya lagi, benci banget setiap denger berita korupsi di tv tapi secara ga sadar kita juga bagian dari mereka.

Ngomong ngomong, gua punya beberapa poin unik nih seputar pembuatan sim ini yang dibuang sayang gituuu, niihh nihhh:
- Buat sim dengan cara manual alias ga pake calo ini bener bener keren. Keren disini bukan karena muka gua jadi keren, bukan. Tapi karena tiap minggu nya itu gua punya kisah yang bisa dibagi ke temen temen gua yang mau dan akan bikin sim. Malah, gua jadi berasa master diantara mereka mereka wakakakakak dan tau gak sih, karena tiap sabtu nya gua mesti ke tempat buat sim jadi tiap hari senennya masuk masuk adaaa aja yang bisa gua ceritain pengalaman nya selama hari sabtu itu. Fix, ilyas jadi terlihat keren sesaat....
- Karena tiap sabtu nya gua harus ujian sim, jadi per tanggal 26/01/2015 ini GUA BELOM DAPET DAPET SIM NYA WOIII!!!! gua udah 2x gagal, dan test pertama itu gua gagal di teori, test kedua itu gua gagal di praktek. Huffftttt
- Selagi manusia yang keren ini nunggu dipanggil buat ujian praktek, gua tiba tiba disapa sama 'seseorang'. Sumpah, awalnya gua kira ini orang calo yang tiba tiba nyamperin gua buat diapa apain gituh. Eh ternyata engga, butuh waktu 24 detik buat diri gua tau kalo ternyata dia ini temen gua. Kita sempet ngobrol ngobrol tuh masalah sim ini, dari mulai gua cerita cerita panjaang soal gua udah 2x bolak balik sini, terus gemeterannya test teori gimana sampe ngomongin motor yang bakal di pake itu mau make apa aja. Tapi ada yang aneh, reaksi doi itu cuma 'Iyaa iya doang' kalo ngomong juga rada mikir mikir dulu. Dia sih bilang dengan congkaknya cuma sekali langsung berhasil terus tinggal nunggu foto doang. Hmmm, ada yang aneh kan gua pikir, ganjil. Ga mungkin dong dia masa sekali dateng langsung berhasil, gua mendengar nada nada bohong disini. Hati detective conan gua bergerak disini. Shinichi ada diotak gua, Conan di dalam hati gua, sony wakwaw entah dimana. Ehhhhh bener, sampe rumah dia whatsapp gua "Sorry yaa yas gua boong ke elu hahahahaha" Huh, untung udah tau duluan sebelumnya. Jadi, barbie cuekin aja deh whatsapp nya dia huhhhhh.
- Masuk ke test praktek gua dapet rombongan ber 3: Bapak bapak tanggung yang mau ngambil sim A sama emak emak yang mau ngambil sim C, sama kaya gua. Pas di tempat praktek, seharusnya nih yaa yang mulai duluan itu yang ibu ibu ituuuuh, karena dia yang dipanggil duluan. Tapi dia nolak gitu takut malah nyuruh gua duluan, gua ogah siapa dia nyuruh nyuruh duluan. Eh tapi gua mikir, gua cowo dan gengsi dong masa cewe duluan sih yang maju gua malah belakangan, alhasil karena didorong oleh sifat cowo gua yang banget banget gua duluan deh nyoba.
Gua milih motor matic, karena pegangan gua emang matic. Lucunya, pas bener bener mulai ngiterin angka 8 KAKI GUA UDAH NYENTUH TANAH DULUAN COYYYY!!! padahal, itu baru mulai... *hening* dengan tampang melas, gua bilang ke pelatihnya "Paak ga diitung ya pak duuuh ya ya?" omongan gua ga dibales omongan, malah dibales bahasa isyarat yang intinya gua suruh lanjutin aja. Dengan tangan kaku kaya megang stang delman + pandangan kaku kaya ngeliat orang yang kita suka lagi deket deket sama cowo yang cewe kita suka/? akhirnya gua berhasil muterin angka 8 coyy!!  eh tapi sayangnya, keberhasilan gua cuma sampe disini aja. Di belokan zigzag gua nyentuh tanah. Ya, semua ini emang karena cowo yang cewe gua suka, lagian ngapain dia muncul di tulisan gua ini. Aduuh, pusing pala jokowi~
- Gua selesai, sekarang giliran emak emak itu yang jajal!!! here we go, gua ambil posisi duduk di tempat yang adem buat ngeliat pemandangan ini. Eh bener, ternyata pemandangannya emang gak sekedar pemandangan, GUA DISUGUHIN ATRAKSI YANG MENGHIBUR COYY!!!!!! gini gini gini, kalian tau kan kalo ibu ibu bawa motor itu gimana? yagitu jadinya, emak emak ini muterin angka 8 nya kaki nya turun semua, terus tampangnya panik gituu adoh pokoknya kalo liat langusng kocak dah. Abis dia dinyatain gagal sama pelatihnya, tiba tiba dia nyamperin gua dan melakukan percakapan gini: "Syusah ya deh syusah, motornya ga enak..." bayangin aja, ngomongnya dia kaya emak emak muda tapi dandanannya ya kaya emak, ngomongnya kaya di monyongin gituuuh. Gua diemin aja, abis yaa gituuu males duluan-__-


Dan sekian cerita gua, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Oiya, bagi yang punya pengalaman lain lain atau mau komen nanya follow up soal beginian, ayoo dong komen ajaaah ditunggu yaak!!

0 komentar:

Posting Komentar