Minggu, 02 Juli 2017

CANTIK SIH, TAPIIIII

Kalo gak salah, Sayyid Qutb pernah ngomong "Jagalah selalu keresahan, karena di dalam keresahan itulah kita akan selalu melakukan perbaikan".

Keresahan gua pagi ini disponsori oleh akun instagram yang akhir akhir ini marak dimaenin oleh anak seumuran gua. Banyak banget temen gua yang tiba tiba mukanya berubah di foto. Bukan, bukan karena jerawatan, tapi lebih ke perawatan. Saking berubahnya akhirnya gua sampe berteori, cewe kalo gak berubah jadi putihan pasti jadi mulusan. 

Sedih banget ngeliat temen gua yang sebenernya mukanya sih udah cantik, cuma karena mungkin dia gak pede akhirnya jadilah dia sulam alis. Ga puas disitu beli lah dia obat obat kecantikan dari dokter yang harganya seharga 76x Ponds Whitening Foam kalo dirupiahkan. Tadaaa, sebuah muka baru pun lahir. Sejujurnya emang setingkat lebih cantik sih, cuma ya gimana yah gua pribadi sedih ngeliatnya. Mereka begitu karena ga pede atau emang karena mengejar kecantikan aja? atau, emang sekedar meraih pujian dari orang di sekitarnya?

"wiiihhhh cakep bangettt"
"Hitsszzz paraaahhh"
"Minnn masukinn minnn dia udah ngarep banget @unpadgeulis"

Ya kira kira seperti itulah isi kolom komennya, kadang lebih tertarik liat isi komennya daripada konten fotonya.

Kebayang gak sih dulu pas bayi kita mandi aja cuma perlu 1 sabun yang udah sekaligus buat shampoo, muka dan seluruh tubuh lainnya. Saking takjubnya dulu sama sabun switsal itu, gua sampe nyolek nyolekin ke mata karena emang ga perih, praktis banget. Sekarang? buat badan mah badan, buat muka mah muka, buat rambut mah rambut, buat intim mah intim, buat foudation mah foundation, buat lulur mah lulur, buat conditioner mah conditioner banyakk. 

Untuk kamu yang belom atau masih konsisten dengan muka yang sekarang, pertahankan lah. Gausah ikut ikut yang begituan. Bangga berada di jalur yang sedikit, justru ketika banyak orang yang mukanya udah bertransformer. Eh, bertransformasi. Justru yang unik dan sedikitlah yang dicari. Bayangin aja, kalo setiap cewe memaknai cantik dengan muka mulus dan alis di tebelin, ya pasti semua muka bakal sama. Justru yang beda dong yang dicari. 

Dari dulu juga gua udah konsisten buat memberikan petuah kepada adek adek gemes ataupun temen gua sendiri untuk gak make up lebih lebih. Elu udah cantik dari sananya. Atau gombalnya "Make up terbaik wanita adalah tersenyum, maka tersenyumlah!" yah saking gombalnya, gak cuma 1 atau 2 cewe yang gua petuahkan seperti itu, atau mungkin elu juga pernah gua giniin?

Mungkin di OA OA line ataupun di instagram juga udah sering yak ceramah ceramah yang bilang kalo cantik itu bukan dari muka, tapi dari hati dan pikiran. Cewe yang cantik bukan yang cakep mukanya, tapi juga disertai dengan kecerdasan dan skill yang dia punya. Makanya kadang gua lebih terharu ngeliat temen yang lama gak ketemu terus tiba tiba udah jilbaban dibandingkan yang lama gak ketemu tiba tiba udah putihan. Atau, makin bangga lagi ngeliat temen yang dulu jadi bahan bully tiba tiba masuk PTN ataupun nerbitin buku. Nah yang beginikan lebih asik ye, bikin kita jadi termotivasi buat melampaui prestasinya. Yang begituan bukti fisiknya bisa jadi dapet piagam bisa jadi dapet uang, kalo yang prestasinya putihan? bisa jadi dapet iuran jutaan ataupun kasbonan.

Untung ini di Blog, bukan di Line. Kalo ngepost di Line pastilah udah di hujat hujat sama netizen tulisan ini karena terkesan menggurui ataupun menghakimi. Tapi sejujurnya gak pengen menghakimi sih, dari awal ini cuma keresahan aja. Sukur sukur mau diterima dan tersadarkan, kalo engga ya yaudah gua hargai itu sebagai keputusan elu. Kalopun akhirnya tersadarkan, ya masih ada waktu kok. inget aja tadi, jangan cuma cantik muka, kalo bisa. Ya seimbangin aja dengan kecerdasan ataupun skill yang elu punya. Kalo itu semua udah dilakuin, pasti gua seneng banget. Udah cantik, pinter pula. 


1 komentar: