Rabu, 19 Juli 2017

Mahasiswa berbicara gagasan, bukan cinta-cintaan

Beberapa waktu yang lalu, tulisan gua ngebahas tentang gairah remaja akan cinta yang gua rasain sehabis nonton film ayat-ayat cinta.  Sebagaimana hal 'biasa' yang dilakukan sama remaja tanggung kayak gua ini, rasanya jadi bego aja gituh diperbudak sama cinta. Kemana-mana masih kepikiran dan ngawang-ngawang soal cewek. Untunglah akhirnya gua bisa mengobatinya dengan membaca buku-bukunya Tere Liye yang semakin mendewasakan gua bukan cuma sekedar apa itu cinta, tapi lebih jauh juga ngomongin hakikat cinta. Iya bener, buku-buku tere liye bisa gua abisin cuma dalam waktu 9 jam aja, tapi proses perenungannya bisa jadi ampe lebih dari 9 minggu, ampe sekarang.

Nah sekarang gua jadi agak aneh dan geli aja gitu kalo misalnya, orang-orang seumuran gua masih aja ngomongin cinta, spesifiknya tentang kekaguman sama cewe, lebih khususnya ngejar-ngejar cewe. Sering kan denger curhat yang katanya doi gak bales chat, terus ditanyain lagi deket ama siapa atau gimana hubungannya sekarang sama orang yang elu suka. Nah menurut gua, udah basi banget hal begitu tuh. Udah bukan jamannya lagi sih menurut gua buat mahasiswa ngomongin cinta-cintaan, udah seharusnya mahasiswa berbicara gagasan. Bicara ide, bicara kondisi negara.

Agak lebay ye? ya emang. Wkwkwk.


Sebenernya gua nulis ini berangkat dari kejadian kumpul kemaren sama temen-temen seperjuangan pas di MPK-OSIS angkatan gua. Jadi mumpung liburan, biasalah yak kita kumpul walaupun gak terlalu banyak juga, sebenernya kalopun disana kita ngobrolin soal masalah kuliah ataupun tentang "Eh lu kenal dia gak?" gituh gituh gua masih seneng. Tapi yang terjadi sepanjang kemarin gua ketemu, dari jam 3 siang sampe balik jam 9 malem 80% obrolannya ya tentang cewek. Cewek cantik di UI, Hits vokasi sampe mantan-mantanan pas selama di SMA. Padahal diluar itu, gua kepo banget sama kampus-kampus tetangga gua yang lagi bergejolak. Rasanya ngomongin cewek ataupun lawan jenis gak bakal menghasilkan apa-apa deh selain rasa gundah itu sendiri.

Gua sih sebenernya agak sedih dan kecewa aja. Risih gitu ngeliat temen-temen gua yang obrolannya masih tentang cinta-cintaan, belom move on ke gagasan-gagasan.

Sombong ye? emang iye wkwkw.

Tapi gini loh, seenggaknya sih buatlah sesuatu yang berbeda. Dari awal gua udah punya idealisme sendiri gitu kalo misalnya gausah takut dengan perbedaan. Masa iya pas SMA kalo ketemu bahas cinta terus udah berproses di kuliah ngomonginnya masih cinta? ya walaupun gua sendiri masih-agak-terkadang-seringkali sering seperti itu, tapi gua tau momen. Tau gua lagi ngobrol sama siapa. jadinya sepanjang gua maen disana, terasa gak tersalurkan aja rasa rindu gua sama temen-temen seperjuangan gua dulu ini. Emang ada siiih obrolan lain selain cinta-cintaan, tapi selain itu isinya ngomongin orang dan ngomongin drama korea. Sempet gua nguasain ritme dengan mulai buat permainan 'mencoba mengenang masa-masa baik buruk' orang-orang yang ada disini. Bagi yang belom tau maenan ini, maenan ini tuh make kertas dan alat tulis. Nah di kertas itu kita tulis nama kita sendiri dan kita bagi 2 bagian, tentang pengalaman baik dan buruk yang pernah orang-orang alamin dengan diri kita. Terus setelah kertasnya udah ada, baru deh kita duduk melingkar dan kertas kita dioper-oper ke yang lain, jadinya mereka pun bisa nulisin sekaligus curhat dan mencoba mengingatkan kita lagi tuh memory-memory tentang baik buruk selama dulu di SMA. Tetapi emang dasar otak cinta, gua kurang sukses ngehidupin suasana, mereka pada males nulisin dan hanya sedikit yang tertarik buat ketawa-ketawa mengingat momen dulu. Kebanyakan nulisnya pada singkat. Kelar dari situ, mereka pun lanjut dengan maen game mainstream Werewolf. Yah seenggaknya gua udah berperan buat ngehidupin suasana 'bermain' dibandingkan sekedar bergosip ataupun maen hape sendiri. Ye gak?

Ini beda banget soalnya pas gua ngumpul kemaren sama temen-temen SMP gua. Bukannya mau bedain, tapi emang beda. Keliatan sih ya di tulisan gua, bahwa sebenernya kalo boleh memilih, gua bakal bilang bahwa masa SMP gua lebih asik dan seru bersama temen-temen dibandingkan masa SMA gua. Gua mau balik lagi ke masa SMP. Bersama temen-temen SMP gua, kompani. Kegokilan mereka emang gaada yang bisa gantiin sampe gua kuliah ini. Simple aja, saat gua maenin permaenan gua yang tentang mengenang masa lalu itu gua sukses banget ketawa sekaligus merenung tentang pengalaman yang udah gua laluin bersama temen-temen. Disitu kita ngakak, disitu kita malu-malu sendiri dan pada akhirnya kertas berisi opini temen-temen tentang kita pada dibawa pulang, gak kaya pas gua maen sama temen SMA gua yang ujung ujungnya geletakan di atas karpet.

Mahasiswa berbicara gagasan, bukan cinta-cintaan. Walaupun gua lebih banyak ketawa sama temen gua si Ganny, temen sekaligus sahabat gua dari SMP, tetapi terkadang gua bisa ngomongin issue nasional ataupun permasalahan kampus masing-masing sama doi. Terserah waktu SMA dia dikatain orang gila karena gak pernah serius atau kebanyakan bercanda, tetapi gua selalu nyambung ngomong masalah politik sama dia. Begitu juga dengan temen-temen SMP gua yang lain. Kita ngobrolin soal pungli di tubuh Polri dan TNI, kita ngomongin tentang dealer astra Honda yang ternyata itu bentuknya franchise sebagaimana SPBU Pertamina ataupun gerai ayam sabana. Ya pokoknya banyak, pulang bawa ilmu sekaligus rahang pegel karena ketawa. Paket komplit.

Katakanlah seorang ilyas muttaqin ini adalah seorang pemuda yang selalu resah. Kayaknya selama keresahan tetap dipelihara, gua gak akan berhenti nulis dan berbagi sama kalian disini. Udah lebih dari 6 tahun yah gua nulis, dan perbedaannya pun terasa kalo kalian sadar. Nah gua juga berharap begitu sama kalian. Jadikanlah tempat kalian berkecimpung itu sebagai proses perubahan diri. Malu ah kalo dari dulu sampe sekarang gitu gitu aja. Cheers!

1 komentar:

  1. Setuju,,
    Sebagai mahasiswa agen perubahan bangsa memang sudah harus memikirkan lingkungan disekitarnya.
    Bravo mahasiswa..!

    BalasHapus