Senin, 24 Juli 2017

Proses Filsafat Ilyas Muttaqin

Jam udah menunjukan pukul 10:59 saat gua mulai nulis disini. Kondisi kosan udah lumayan sepi. Sekalinya ada, cuma suara mobil lewat doang. Cuaca Nangor lagi dingin-dinginnya, gua kira karena tubuh gua butuh waktu lagi buat beradaptasi karena lama tinggal di Depok. Ternyata emang enggak, bulan-bulan kek gini Bandung dan Nangor emang lagi dingin-dinginnya, setingkat diatas kulkas walls lah ya suhu nya.

Hasil gambar untuk quote filsafat hidup
thefilosofi.blogspot.com

Kalo kata diri gua, waktu malam adalah waktu yang paling tepat untuk menumpahkan segala rasa. Dari yang mulai kata yang paling jujur hingga yang paling ngeselin sekalipun. Lagian masuk akal juga sih, beda dengan waktu yang lain dimana masih sibuk dan banyak urusan, waktu malam dipilih karena emang waktunya istirahat dan ga ada lagi kerjaan, otak kita cenderung rilex, jadi bawaannya lebih terbuka aja. Itulah alasannya gua lebih seneng memulai chat di malam hari. Ya supaya lebih hidup dan lebih atraktif aja obrolannya. Begitu juga ketika gua nulis tulisan ini. Kadang keresahan yang paling nyata itu emang lahir di malam hari, waktu dimana sepersekian menit sebelum tidur.

Sinar cahaya lampu 20 watt dan kasur tak beralaskan sepre ini jadi saksi seorang Ilyas Muttaqin sedang merenung. Kalau bahasa anak kuliahannya, berfilsafat. Huuft, terserah.

Tepat 6 bulan lebih 1 jam lagi gua 20 tahun. Usia yang dibilang lebih dari dewasa bagi gua di kehidupan ini. Kalo emang elu bertanya, udah ngapain aja gua selama ini mungkin jawabannya hampir gaada. Yaiya, jangankan elu, gua aja lagi bingung mikir apa aja perihal bermanfaat yang udah gua lakuin untuk negara. Eh enggak kejauhan, untuk orang disekitar gua. Katanya, Ilyas Muttaqin pengen jadi Sekretaris Jendral PBB jabatan paling tinggi di dunia, tapi kalo diliat liat sampe hari ini belom ada langkah serius buat menggapainya. Perjuangannya belum kaya Tan Malaka yang di usia muda nya udah nulis berbagai buku dan mimpin perjuangan, atau kayak Usamah yang lebih muda 2 tahun dari gua udah bisa mimpin perang ngelawan Romawi. Atau, Mmmmm belum bisa kayak Iqbal CJR yang 3 tahun lebih muda dari gua tapi udah jadi pemeran Dilan. Kerjaan gua masih begini-begini aja, dikasih nikmat laptop sama HP bukannya dimanfaatkan, malah di sia-siakan. 

Okelah mungkin patokan kesuksesan dan cermin gua terlalu jauh kalo mau apple to apple ke mereka, kita ganti.

Semakin bertambahnya umur, temen-temen gua juga makin bertambah. Ada temen SMA gua yang punya penghasilan belasan juta perbulan dari jualan sepatu, dimana dalam ceritanya kalo dia keluar negeri aja gak sempet liburan, berhenti di bandara, nyelesaian admistrasi di bea cukai, urusannya udah kelar, terus balik lagi tanpa keluar ngeliat keindahan kota-kota dunia. Bayangin aja, udah jauh-jauh keluar negeri bukannya liburan malah 'se-sepele' itu urusannya sampe pulang lagi dan mentok di bandara aja.

Next ada temen kuliah gua yang 2 taun diatas gua, kita deket akhir-akhir ini karena satu dua hal, lebih tepatnya dekat karena gua yang butuh. Butuh menyerap ilmu magis nya dalam kesuksesan. Gimana enggak, walaupun umurnya cuma beda 2 tahun diatas gua tapi dia udah nerbitin lebih dari 10 buku yang semuanya Best Seller, bukan buku sekedar buku, tapi buku motivasi dan yang menginspirasi. Di undang kemana-mana buat ngisi bedah buku dan pembicara pemuda, deretan beasiswa nya juga banyak. Tapi anehnya prestasi akademisnya juga gak ketinggalan. Ditengah sibuknya doi ngerengkuh itu semua, doi juga sukses jadi mahasiswa berprestasi di fakultasnya dan lolos proposal didanai Pimnas. Sebuah ajang bergengsi mahasiswa yang didanai setaun sekali oleh Menristekdikti.

Dan akhir-akhir ini gua juga lagi agak panas, datengnya dari temen deket gua sendiri yang sebelum ini masih berada dibawah jangkauan gua. Maksudnya, kita masih saling kordinasi dan gua cenderung aktif memberikan konsultasi buat kehidupan dia di kampus. Eh, akhir-akhir ini malah kariernya yang melejit. Sukses bikin tulisan dan jadi artist line berkat keresahan dia, di fakultas pun namanya keangkat berkat dedikasi dia dalam setiap tanggung jawab yang diemban. Malah akhir-akhir ini beliau bisa nyalip gua dengan menggandeng team-mate debat lain -selain gua- dan akhirnya lolos jadi delegasi ke UI. 

Lantas kalau udah begini, rasa-rasanya udah gak mempan lagi deh nasihat "Jangan pernah melihat orang lain, jadilah diri sendiri" ataupun joke "memang rumpun tetangga tampak lebih hijau"

Jawabannya, ya kalo diliat dari sisi lain emang kita harus berkaca sama orang supaya itu bisa memantik diri kita. Toh gak bakal kelar kalo ngeliat diri sendiri aja, seenggaknya kita harus punya patokan yang dimilikin oleh orang lain. Makanya selama ini, walaupun berkali-kali gua ngerasa kagum banget sama prestasi orang lain, doa dan ambisi gua tetap sama dan gak gentar banyak (berarti sedikit). Otak gua langsung bereaksi dengan "Oke akan gua balas prestasi lu atau melebihinya!!"

Gua berpandangan, yah walaupun secara mental serta fisik gua belom mampu mengejar, menyamai atau bahkan melampauinya, seenggaknya hati gua masih punya hasrat untuk melawan. Emang bener kata hadist, selemah-lemahnya perlawanan adalah melawan dengan hati. Ya walaupun agak beda konteks juga sih, kalau di hadits kan konteksnya jika harus melawan kemungkaran harus dilawan dengan perbuatan, kalau gak mampu bisa dengan lisan dan yang terakhir bisa dengan hati. Tapi itu selemah-lemahnya iman. 

lantas, darimana gua memulainya? kapan hati gua bisa bersinergi dengan fisik ini untuk mengejar, menyamai atau bahkan melampauinya?

Sekarang udah masuk tahun kedua gua di kampus. Terlepas dari segala yang udah gua peroleh di tahun pertama, harusnya tahun kedua ini jadi ladang pembuktian gua buat orang yang selama ini menertawakan Ilyas Muttaqin. Gua pengen buktiin, bahwasannya hati gua gak pernah salah untuk menyerah dan terlihat kalah dibanding orang lain. Tahun kedua dikenal sebagai masa-masa regenarasi fakultas. Dimana nanti pejabat fakultas untuk ukuran kepala departemen dan staffing pun akan banyak diisi sama anak-anak tahun kedua. Kalo bisa sukses dan bersinar di tahun ini, maka puncak masa-masa kampus di tahun ketiga itu bisa dengan mudah digapai. Sejujurnya, gua baru berani secara terbuka disini. Gua pengen jadi ketua BEM Fakultas Hukum Unpad. Seandainya tahun depan gua berhasil ataupun gagal, entahlah, seenggaknya declare tulisan ini udah menandakan titik awal perjuangan gua. Bahwa gua udah mulai berproses. Duhai, jadilah saksi bahwa Ilyas Muttaqin akan mulai berproses dan menempa diri mulai saat ini.

Gua sadar, bahkan satu-satunya kelebihan yang gua milikin itu adalah link pertemenan gua yang luas melintasi batas fakultas, daerah, universitas atau pulau sekalipun. Karena emang gua suka menjalin hubungan komensialisme dengan para pejabat tinggi, maka gua bisa mengenal dan sering menjadi titipan orang-orang itu. Bingung yah gua ngomong apa? tapi intinya walaupun susah dijelaskan, sederhananya gua berhasil masuk ke dalam lingkungan yang seharusnya mahasiswa baru pun belom 'boleh' ada di dalamnya. Beberapa hari lalu alhamdulillah gua keterima beasiswa Kader Surau YBMBRI (Yayasan Baitul Maalwaatamwil Bank Rakyat Indonesia), beasiswa dari bank BRI yang fokus pada pembinaan mahasiswa dengan kultur masyarakat. Dijelaskan bahwa syarat untuk mendapatkan beasiswa itu harus punya Surat tanda keterangan miskin (SKTM) dan penerima beasiswa bidikmisi. Gua bukan keduanya. Tapi alhamdulillah doa orang tua sekaligus tangan-tangan Allah bermain disini. Berkat koneksi tingkat tinggi yang udah gua jalin juga seperti yang udah gua jelasin sebelumnya, gua berhasil masuk dan ngalahin puluhan anak-anak hebat yang ada di Unpad buat ngedapetin beasiswa ini. Fyi, beasiswa YBMBRI atau kader surau ini termasuk bergengsi juga sebanding dengan Beasiswa Etos nya Dompet Duafa ataupun PPSDMS binaan Nurul Fikri. Kabarnya sih bakal dapet uang saku 1 juta, dapet keringanan biaya UKT dan yang paling asiknya dapet asrama gratis dan pembinaannya. 

Satu mimpi gua alhamdulillah udah terselesaikan, bisa meringankan beban orang tua. Next: Tidak hanya meringankan, lebih dari itu juga harus mampu mengirimkan uang ke orang tua.

Yah Bismillah aja untuk semuanya. Gua percaya bakal ada doa orang tua dan tangan-tangan Allah yang selalu membantu mensukseskan langkah gua. List impian pun udah dituang, saatnya sekarang menatap mimpi dan bersiap menghadapinya. Selalu ingatkan Ilyas Muttaqin kalo meleng ditengah jalan yak! bisa dengan menyebut nama di dalam doanya ataupun menegurnya ketika sedang bersalah.




Saya, Ilyas Muttaqin siap untuk mengarungi perjalanan tahun kedua di kampus. 


0 komentar:

Posting Komentar